Kawan Asasta pernahkah tiba-tiba tagihan PDAM kalian naik? Yuk simak apa penyebabnya dan gimana cara menghindarinya
Ada beberapa hal yang bisa terjadi diantaranya:
1. Adanya pemakaian tinggi yang tidak disadari, misalnya:
(contoh: penyuplaian air ke pihak lain, terkadang kita tidak menyadari banyaknya air yang telah tersuplai dan menyebabkan lonjakan tagihan air kita meningkat)
(contoh: tempat tinggal yang sedang direnovasi)
(contoh: menyiran tamanan dengan selang air, apabila sudah menyiram tanaman mohon untuk di cek kembali keran selang apakah sudah tertutup rapat atau belum setelah digunakan)
(contoh: instalasi air didalam rumah, selalu cek instalasi air didalam rumah apabila telah digunakan seperti washtafel yang telah digunakan dan menutup keran air secara rapat)
2. Lonjakan tagihan juga bisa terjadi karena adanya penggabungan jaringan pipa PDAM dengan saluran pompa sehingga pada pada saat tekanan air sedang tinggi, yakni diluar jam pemakaian air pam bisa tersedot masuk kedalam sumur dan menyebabkan lonjakan tagihan.
(contoh: skema penggabungan pipa PDAM dengan saluran pompa)
3. Adanya tagihan yang menumpuk disertai denda keterlambatan.
Tapi Kawan Asasta tenang saja biar tagihan kalian gak melonjak yuk pastikan kalian selalu
(contoh: selalu cek meteran kalian sebelum bepergian jauh untuk menghindari adanya kebocoran yang tidak terdeteksi)
(contoh: apabila telah mencuci mobil selalu mengecek kembali keran selang air dan pastikan tidak ada air yang terbuang sia sia)
(contoh: penggunaan air secara bijak apabila telah mengisi air dan sudah terisi penuh cepat matikan keran air agar tidak ada pemborosan air yang menyebabkan lonjakan tagihan)
Apabila ada anomali pergerakan meter yang tidak biasa atau tagihan yang melonjak segeralah melapor ke kantor Tirta Asasta terdakat atau hubungi CS kami di nomor 0858-9429-7499 atau 0858-9429-7500.